أُدْعُ إِلَى سَبِيْلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِيْ هِيَ أَحْسَنُ ...الأية *سورة النحل ١٢٥
Berdakwahlah kamu dijalan Alloh dengan khikmah, Nasehat baik dan berbantahanlah kamu terhadap mereka {yang merintangi jalan Alloh} dengan yang lebih baik.(QS. An Nahl Ayat 125)

Jumat, 08 Mei 2015

TATA KRAMA MENGENDARAI SEPEDA/ MOTOR/ MOBIL

  1. Memakai helm standar, membawa SIM, dan STNK ( bagi pengendara kendaraan bermotor ).
  2. Menggunakan knalpot motor yang standar ( tidak diblong ).
  3. Menjaga kelengkapan kendaraan.
  4. Tidak menghias helm dan motornya dengan gambar atau tulisan yang tidak sopan.
  5. Mentaati peraturan dan rambu-rambu lalu lintas.
  6. Tidak ngebut terutama ketika melewati gang atau perkampungan.
  7. Mengucapkan salam atau menyapa atau bilang permisi ketika berpapasan dengan orang yang berjalan kaki atau yang sedang duduk digang.
  8. حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ سَلَامٍ أَخْبَرَنَا مَخْلَدٌ أَخْبَرَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ قَالَ أَخْبَرَنِيْ زِيَادٌ أَنَّهُ سَمِعَ ثَابِتًا مَوْلَى عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ زَيْدٍ أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا هُرَيْرَةَ يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُسَلِّمُ الرَّاكِبُ عَلَى الْمَاشِي وَالْمَاشِي عَلَى الْقَاعِدِ وَالْقَلِيْلُ عَلَى الْكَثِيْرِ * رواه صحيح البخاري في كتاب الإستئذان
    Nabi bersabda: Orang yang naik kendaraan itu supaya uluk salam pada orang jalan, Orang yang jalan itu supaya supaya uluk salam pada orang yang duduk, Orang yang sedikit supaya uluk salam pada oang yang banyak. ( HR. Shohih Al Bukhori )
  9. Tidak menggeber-geberkan atau memainkan gas motor.
  10. Tidak bergoncengan tiga orang dewasa atau lebih.
  11. Tidak mengoperasikan HP saat dalam mengemudi.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih anda sudi memberikan masukan. Kami berharap komentar anda relevan dengan artikel ini. Komentar anda akan muncul setelah proses moderasi.
Jaza Kumulloohu Khoiroo.