أُدْعُ إِلَى سَبِيْلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِيْ هِيَ أَحْسَنُ ...الأية *سورة النحل ١٢٥
Berdakwahlah kamu dijalan Alloh dengan khikmah, Nasehat baik dan berbantahanlah kamu terhadap mereka {yang merintangi jalan Alloh} dengan yang lebih baik.(QS. An Nahl Ayat 125)

Senin, 28 April 2014

TATA KRAMA MENERIMA TAMU

  1. Berpakain rapi, pantas dan sopan.
  2. حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ بُكَيْرٍ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ عُقَيْلٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ سَالِمِ بْنِ عَبْدِ اللهِ أَنَّ ابْنَ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ وَجَدَ عُمَرُ حُلَّةَ إِسْتَبْرَقٍ تُبَاعُ فِيْ السُّوْقِ فَأَتَى بِهَا رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللهِ ابْتَعْ هَذِهِ الْحُلَّةَ فَتَجَمَّلْ بِهَا لِلْعِيْدِ وَلِلْوُفُوْدِ فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّمَا هَذِهِ لِبَاسُ مَنْ لَا خَلَاقَ لَهُ أَوْ إِنَّمَا يَلْبَسُ هَذِهِ مَنْ لَا خَلَاقَ لَهُ فَلَبِثَ مَا شَاءَ اللهُ ثُمَّ أَرْسَلَ إِلَيْهِ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِجُبَّةِ دِيْبَاجٍ فَأَقْبَلَ بِهَا عُمَرُ حَتَّى أَتَى بِهَا رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللهِ قُلْتَ إِنَّمَا هَذِهِ لِبَاسُ مَنْ لَا خَلَاقَ لَهُ أَوْ إِنَّمَا يَلْبَسُ هَذِهِ مَنْ لَا خَلَاقَ لَهُ ثُمَّ أَرْسَلْتَ إِلَيَّ بِهَذِهِ فَقَالَ تَبِيْعُهَا أَوْ تُصِيْبُ بِهَا بَعْضَ حَاجَتِكَ * رواه صحيح البخاري في كتاب الجهاد والسير
    Ibnu umar berkata: Umar menjumpai pakaian Sutra yang dijual dipasar dan Umarpun mendatangi Nabi sambil membawa pakaian sutera, Umar berkata: Belilah pakaian sutraku yang bisa engkau gunakan di Hari Raya dan untuk menemui tamu, Nabi bersabda: Orang yang memiliki pakaian ini tidak dapat bagian atau Orang yang memakai pakaian ini tidak dapat bagian kemudian Umar diam, dan Nabi utusan untuk pergi ke Umar dengan membawa jubah sutra, dan Umarpun menghadap untuk mendatangi Nabi, Umar berkata: Wahai Nabi engkau berkata: Orang yang memiliki pakaian ini tidak dapat bagian atau Orang yang memakai pakaian ini tidak dapat bagian, terus engkau mengutus saya untuk membawa jubah sutera ini,,,! Nabi bersabda: Perjualkanlah pakaian sutramu atau gunakanlah untuk kepentingan Hajatmu. ( HR. Shohih Al Bukhori )
  3. Menyambut dan menerima tamu dengan ramah ( grapyak ).
  4. Mempersilahkan masuk dan duduk.
  5. Bila tuan rumah sendirian dan tamu bukan Mahromnya juga sendirian seyogyanya tidak mempersilahkan tamu untuk masuk kedalam rumah dan berbicara seperlunya saja.
  6. Memuliakan tamu dengan memberi penghormatan bil ma’ruf sesuai dengan kemampuan.
  7. Menyuguhkan hidangan atau jamuan dengan menggunakan nampan.
  8. Tidak menyuguhkan minuman dengan memegang bibir gelas.
  9. Bila tamu bukan Mahromnya, seyogyanya tidak menyuguhkan sendiri secara langsung.
  10. Mempersilahkan tamu untuk menikmati hidangan.
  11. Bila tamu bukan Mahromnya sebaiknya tidak duduk dengan berhadapan dan tidak menatap langsung.
  12. Apabila dalam menerima tamu waktunya terbatas karena suatu hal, maka hendaknya menyampaikan secara terus terang dan sopan.
  13. Bila tamu telah berpamitan, seyogyanya ikut mengantarkan keluar rumah untuk melepas kepergiannya.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih anda sudi memberikan masukan. Kami berharap komentar anda relevan dengan artikel ini. Komentar anda akan muncul setelah proses moderasi.
Jaza Kumulloohu Khoiroo.